Monday, June 8, 2020

“MANFAATKAN PELUANG MENGHASILKAN UANG”



~ besarnya suatu hasil kerja bergantung kualitas dan kuantitas kerja ~ oleh: Adjie Suzita
Assalaamualaikum wr, wb
Bekerja dan menghasilkan uang untuk biaya hidup adalah suatu keharusan, Mahar untuk bisa bertahan hidup tidaklah murah apalagi bagi yang memiliki tanggungan seperti keluarga dan lain-lain, ditambah lagi kondisi seperti sekarang karena wabah covid19 yang berkepanjangan membuat penderitaan menjadi lengkaplah sudah.
Untuk menopang itu sebuah Pekerjaan tetap adalah wajib hukumnya. Namun bagaimana bagi yang tidak mempunyai pekerjaan tetap, apatah lagi yang pengangguran. Hal ini pasti menjadi momok yang terus terlintas dipikiran semua orang. Bagaimana cara dapat uang?, kerja apa?, kerja dimana?, usaha apa ? dan lain sebagainya.

Namun sebenarnya rezeki itu bisa datang dari mana saja asalkan kita mau berusaha, Mendapatkan pekerjaan tetaplah menjadi suatu keharusan, jika belum dapat terus berusaha mencarinya. Sembari itu kita harus peka dan bisa melihat peluang untuk mendapatkan uang dengan cara lain, Pastinya tetap dengan cara yang halal ya misalnya dengan BERJUALAN /BERDAGANG dan MEMBUAT KARYA yang bisa menghasilkan uang.
Apakah bisa ??l Jawabnya PASTI BISA. Syaratnya harus ada kemauan dan tekad yang kuat, tidak mudah menyerah, tidak malu, mau belajar dan istiqomah alias konsisten.
Sebesar apa tingkat keberhasilannya? Disini saya jawab dengan quot
“ BESARNYA SUATU HASIL KERJA BERGANTUNG DARI KUALITAS DAN KUANTITAS KERJA”
Silahkan diartinya sendiri ya.

BERJUALAN /BERDAGANG dan MEMBUAT KARYA yang bisa menghasilkan uang ???
Mungkin banyak orang akan tertawa mendengar pertanyaan tersebut karena sebagian besar mereka sudah tau itu dari dulu, tapi taukah anda hanya sedikit orang yang mampu melakukannya dengan baik dan benar, singkatnya HANYA SEDIKIT YANG BERHASIL.
Saya menulis ini bukan berarti saya sudah berhasil, melainkan saya baru memulainya dalam beberapa waktu yang lalu dan mulai terasa manfaatnya, menemukan celah dan peluang ini membuat saya tergerak untuk membagikan pengalaman ini supaya manfaat yang saya rasakan bisa dirasakan juga buat yang lain. (Bahasa lainnya *manfaat = DAPAT UANG) he .. he

BERJUALAN /BERDAGANG dan MEMBUAT KARYA yang bisa menghasilkan uang ???
Ya benar, lakukanlah hal diatas tapi dengan memadukannya dengan teknologi salah satunya dengan pemanfaatan internet. Dengan kolaborasi tersebut akan menghasilkan benefit yang lebih besar.

1       BERJUALAN/BERDAGANG SECARA ONLINE

Kenapa secara Online ?? karena kita akan menjangkau pelanggan yang lebih banyak dan lebih luas. Tidak hanya tetangga saja tau kalau kita jualan tetapi seluruh orang di Indonesia bahkan di dunia akan tau yang otomatis peluang jualan kita laku akan lebih besar. Anda bisa dan menjadi mudah Jualan apa saja .

Ada banyak platform/media yang bisa membatu kita berjualan secara online yaitu antara lain :
·         Media Social
Seperti : FaceBook  (Forum atau Halaman Jual Beli), Istagram, dll
·         Toko Online
Seperti, Tokopedia, BukaLapak, Lazada, Shoope dan lain-lain

 




2       MEMBUAT KARYA YANG BISA MENGHASILKAN UANG

Semula hanya hobby, semua orang pasti memiliki hobby seperti: menulis, foto, membuat video, membuat lagu, menyanyi, melukis, memancing, mengoprek-oprek barang elektronik, dan lain-lain. Tapi sedikit orang yang tau bahwasanya apabila hobby tersebut ditempatkan atau dipublikasikan ditempat yang benar akan menghasilkan uang. Tentunya dengan syarat-syarat tertentu. Disini saya tidak menjabarkan bagaimana cara dan syarat-syaratnya, karena kalau anda tertarik otomatis anda akan mencari referensinya sendiri. mungkin dilain tulisan akan saya jabarkan.

Nah kalu begitu bagaimana caranya ??? Ada banyak platform/media yang bisa membatu mengkomersilkan hasil karya kita yang mana pendapatan akan diterima melalui akun pembayaran online seperti Google Adsense, Paypal dan lain sebagainya yang terhubung dengan bank lokal yang kita daftarkan. Ajaibnya uang akan terus mengalir sampai kapanpun selama audien atau viewers tetap melihat atau membaca atau menonton karya kita tersebut.




Platform/medianya  antara lain :
·         Media Social
Seperti :  Halaman FaceBook, Istagram, dll
·         Website
Seperti : Youtube, Blog, Shutterstock, dll



                

Setelan Penjabaran diatas pasti banyak dikalangan awam yang tidak mengerti dengan hal yang saya sebutkan diatas. Bahkan tidak tau harus memulainya dari mana. Sama seperti yang saya alami sewaktu baru akan memulainya. Semuanya kelihatan ribet, suusah, membingungkan, bla .. bla .. bla .. Jadi bagaimana ?? Kenali, pelajari dan kuasailah satu persatu. Bahasa jerman nya “JANGAN KEMARUK” he .. he
Saya berikan perumpamaan sederhana :
Mulai dengan 1 Hal terlebih dahulu. Misalnya kita ingin membuat kolam ikan.
Jika kita ingin punya kolam ikan yang dipenuhi ikan yang besar-besar dan sehat-sehat, Maka terlebih dahulu kita harus mempelajari cara membuat kolam yang baik, cara memilih benih ikan yang baik, cara merawat ikan yang baik, cara memberi pakan ikan yang baik, cara memanen ikan yang baik. Lalu kita coba dengan skala yang kecil dulu, membuat kolam kecil dan menerapkan yang sudah dipelajarai. Jika gagal ulangi sampai berhasil. Jika kita sudah berhasil dan mengasainya dalam skala kecil, kita bisa melanjutkannya dengan skala yang lebih besar. Bahkan kita bisa mencoba Hal yang lain “Membuka Kebun” misalnya dengan menerapkan metode yang sama dengan kolam ikan tadi.
Begitu Juga dengan peluang usaha dengan memanfaatkan teklogi internet diatas, kita harus mempelajarinya dan memahaminya serta menguasainya satu persatu. Jika sudah berhasil baru bisa mencoba yang lainnya supaya kerja/usaha kita tidak sia-sia. Bayangkan apa yang terjadi jika semua kita lakoni tapi tidak tau caranya ??? disitulah muncul kata-kata seperti ribet, susah, membingungkan, bla .. bla .. bla .. ha .. ha .. ha
Dari sekian banyak yang saya tulis, tidak ada saya mengatakan “cara mudah mendapatkan uang”
Memang !!!! cari uang itu tidak mudah teman, butuh proses, waktu, tenaga dan pemikiran.
Ada tapinya …
Tapi, seperti yang saya sampaikan sebelumnya, rezeki itu bisa datang dari mana saja asalkan kita mau berusaha, ada kemauan dan tekad yang kuat, tidak mudah menyerah, tidak malu, mau belajar dan istiqomah alias konsisten.
Untuk hasilnya ??
“BESARNYA SUATU HASIL KERJA BERGANTUNG DARI KUALITAS DAN KUANTITAS KERJA”
Lumayanlah buat jajan anak (SISANYA BUAT BELI KEBUN) .. ups !!!

Tetap Semangat, semoga bisa jadi motivasi dan inspirasi buat kita semua !!!!
Wassalam,






No comments:

Post a Comment

“MANFAATKAN PELUANG MENGHASILKAN UANG”

~ besarnya suatu hasil kerja bergantung kualitas dan kuantitas kerja ~ oleh: Adjie Suzita Assalaamualaikum wr, wb Bekerja dan mengh...